Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Wilayah Selatan Gunungkidul Rentan Banjir

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Wilayah Selatan Gunungkidul Rentan Banjir

Wonosari – (gunungkidulrumahkita.com) – Sejumlah wilayah Selatan Kabupaten Gunungkidul rentan banjir, selama puncak musim penghujan tahun ini banjir sudah terjadi di beberapa titik seperti di Girisubo, Rongkop, Tepus, Saptosari, Tanjungsari.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki MSi di wilayah selatan Kabupaten Gunungkidul mulai dari Kapanewon Gurisubo, Rongkop, Tepus, Tanjungsari, Panggang dan Purwosari rawan banjir, dan meminta warga diwilayah tersebut mewaspadai meningkatnya intensitas curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Eddy, jika intensitas curah hujan tinggi banjir akan terjadi terutama permukiman yang berada di daerah cekungan, dan penyebab banjir karena saluran air tersumbat sampah, ungkapnya.

Ancaman banjir untuk Kapanewon Girisubo di Kalurahan Songbanyu dan Pucung, Kapanewon Tepus di Padukuhan Bintaos, Tanjungsari di Kalurahan Kemadang, Saptosari di Kalurahan Krambilsawit, Kapanewon Panggang di Giriharjo dan di Purwosari di Kalurahan Giriasih.

Seiring intelsitas curah hujan akhir-akhir ini Eddy mengingatkan masyarakat diwilayah itu untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat banjir dapar terjadi sewaktu-waktu. (Try)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat