Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Sebanyak 23.000 Pelaku UMKM Di Gunungkidul Terdampak Pandemi Covid-19

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Sebanyak 23.000 Pelaku UMKM Di Gunungkidul Terdampak Pandemi Covid-19

Nglipar – (gunungkidulrumahkita.com ) – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar 1 tahun membawa dampak sosial ekonomi yang luar biasa bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasalanya selama pendemi tersebut banyak kalangan merasakan dampak masa pandemi Covid-19. Salah satu kelompok masyarakat yang terdampak adalah para pelaku usaha mikro (UMKM), dan sektor Wisata yang selama ini banyak melibatkan peran serta masyarakat, termasuk pelaku UMKM.

Setidaknya tercatat sekitar 23.000 pelaku usaha mikro (UMKM0 di Kabupaten Gunungkidul terkena imbas pandemi Covid-19, selain itu sektor wisata juga mengalami persoalan yang sama.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunungkidul tercatat ada sekitar 23.000 usaha mikro yang terkena imbas pandemi Covid-19.

Dari jumlah tersebut ada kurang lebih 60 % pelaku UMKM yang menghentikan kegiatan produksinya untuk sementara waktu.
Sejumlah persoalan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM diantaranya adalah terkait dengan persoalan modal, kesulitan bahan baku, kesulitan distribusi, dan kesulitas dalam pemasaran produk hasil usahanya.

Menghadapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunungkidul, Widagdo mengatakan, pihaknya akan mengupayakan agar pelaku usaha mikro tetap bisa menjalankan usahanya meskipun kuantitasnya tidak seperti sebelum masa pendemi Covid-19.

“ Kita berikan pendampingan dan memotivasi agar para pelaku usaha bisa bangkit dan usahanya tetap jalan,”, ungkapnya (Try)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat