Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Para Petani Kewalahan Ribuan Monyet Serang Tanaman Warga

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Para Petani Kewalahan Ribuan Monyet Serang Tanaman Warga

Tepus (gunungkidulrumahkita.com) – Sejumlah petani di Kapanewonan Tepus, Panggang, Tanjungsari dan Saptosari kewalahan dengan serangan kawanan monyet yang menyerang lahan pertanian dan tanaman warga di wilayah tersebut.

Pasalnya serangan monyet kembali kemnbali terjadi dengan sasaran tanaman pangan di kawasan pesisir selatan. Puluhan hektare tanaman milik petani dijarah ribuan kera dan terancam hingga menimbulkan kerugian petani.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Kalurahan Kemadang menjalin kerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk melakukan penanganan.

Menurut Lurah Kemadang, Sutono, serangan monyet tersebut sudah berlangsung lama dan sangat merugikan petani lantaran tanamanya dirusak oleh kawanan monyet.

“Serangan monyet sudah lama terjadi dan saat musim seperti sekarang, petani harus merugi lantaran sebagian tanaman rusak diserang monyet” ungkap Lurah Kemadang.

Lebih lanjut Sutono mengatakan lahan yang diserang monyet di Kalurahan Kemadang mencapai 30 hektare. Selama ini, para petani mengantisipasi serangan tersebut dengan cara-cara manual dengan cara dihalau.

Selain itu kawanan monyet juga menyerang lahan pertanian di Kapanewonan Panggang, Tanjungsari dan Saptosari, dan sampai saat ini belum ada penanganan khusus dari pihak terkait. (Try)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat