Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Sambut “New Normal”, Bersiaplah Nikmati Pesona Batara Sriten

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Sambut “New Normal”, Bersiaplah Nikmati Pesona Batara Sriten

Nglipar – (gunungkidulrumahkita.com)-  Obyek wisata  Batara Sriten, terletak di puncak Pegunungan Batur Agung, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Embung Batara Sriten merupakan telaga tertinggi di Yogyakarta. Dari tepian telaga dapat dinikmati keindahan awan  yang berkejaran, senja yang mempesona, serta lanskap perbukitan dan lembah yang terhampar luas hingga batas cakrawala.

Destinasi wisata alam dan pengungan yang terletak di bagian utara Kabupaten Gunungkidul tersebut diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada bulan September 2014 lalu.

Batara Sriten, terletak pada ketinggian 859 mdpl atau di puncak Pegunungan Baturagung Utara, Embung Sriten menjadi telaga buatan tertinggi di Gunungkidul, bahkan kabarnya juga menjadi embung tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Embung Batara Sriten menawarkan pesona keindahan yang mampu meluruhkan semua kepenatan dan kebosanan. Seperti halnya Embung Nglanggeran, selain menjadi destinasi wisata baru yang bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, Embung Batara Sriten juga memiliki fungsi utama sebagai sarana penampungan air untuk mengairi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di sekitarannya.

Embung Batara Sriten terletak di Perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung eksotik ini bisa ditempuh sekitar 1,5 jam berkendara dari Kota Yogyakarta.

Rute menuju Embung Sriten dari Jogja adalah sebagai berikut:

Kota Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Pertigaan Sambipitu (belok kiri, arah Nglipar, ikuti sesuai rambu penunjuk jalan) – Pertigaan Besar (phon beringin sebelum Pasar Nglipar) belok kiri – Jalan Nglipar Ngawen – Kedungpoh – Pertigaan setelah Kantor Kepala Desa Pilangrejo (ke kiri, lihat papan petunjuk) – masuk jalan cor berbatu dan menanjak (ikuti papan petunjuk) – Embung Batara Sriten.

Apabila anda masuk dari  Solo menuju arah Klaten kemudian naik ke kawasan Gunungkidul.  Anda ambil jalan Ngawen  arah Nglipar, Sampai Balai Desa Pilangrejo, lihat petunjuk arah, atau  bagi pengguna smartphone, Embung Batara Sriten sudah terindeks di berbagai aplikasi GPS. (Try)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat