Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Guyuran Hujan, Mengakibatkan Tanah Longsong dan Ambles

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Guyuran Hujan, Mengakibatkan Tanah Longsong dan Ambles

Nglipar – (gunungkidulrumahkita.com)-  Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul, mengakibatkan tanah longsor di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari yang  menutup akses jalan dan merusak jaringan air minum.  Selain itu jiga terjadi tanah ambles dan longsor di Desa Candirejo, kecamatan Semanu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki Msi, mengatakan dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan persoalan tersebut telah ditangani, ungkapnya.

Di Desa Ngalang, kecamatan Gedangsari,  tanah lonsor terjadi disebuah lereng dengan ketinggian 8 meter yang berada di jalan besar, mengakibatkan ruas jalan tertimbun longsor dan tidak bisa difungsikan. Selain itu jaringan air minum rusak parah, namun pihaknya sudah melakukan evakuasi agar jalan terabut dapat dipungsikan kembali.

 “Tim reaksi cepat BPBD bersama Tagana dan FPRB sudah melakukan evakuasi agar jalan bisa difungsikan lagi,” ungkap Edy.

Sementara itu untuk mengantisipasi ambles susulan lokasi bencana dipasang garis polisi dan warga diimbau tidak beraktivitas sekitar lokasi mencegah ambles susulan. Bencana tanah ambles yang terjadi di Desa Candirejo, kecamatan Semanu.  Tanah ambles tersebut  menimpa Ny Murtiyem warga setempat terjadi saat dia bersama suaminya Mujiyo (45) pergi ke ladang.

“Saat kakinya menginjak tanah langsung ambles dan korban terperosok sedalam 3 meter, kata Kapolsek Semanu AKP M Fauzi”,  jelas Fauzi.

Secara geografis, karakteristik tanah di Gunungkidul khususnya di sepanjang pantai selatan terdiri dari sejumlah rongga dan terdapat sungai bawah tanah maupun goa, sehingga pada lapisan tanah paling luar, jika tergerus banjir dan terdampak hujan deras sering terjadi tanah ambles. Sementara sektor utara kabupaten Gunungkidul merupakan perbukitan yang rawan longsong. (Try)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat