Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Gunungkidul Pintu Depan Parwisata

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Gunungkidul Pintu Depan Parwisata

Lebih dari 100 Pantai membentang dari Bantul hingga Wonogiri Jateng

Nglipar – (gunungkidulrumahkita.com) – Gunungkidul,  disamping merupakan wilayah terluas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, juga  menyimpan sejuta potensi pariwisata yang sangat unik, indah dan  mempesona, tersebar di beberapa wilayah, baik sektor selatan, tengah maupun utara.

Menurut pengamat sosial Dr. Tugiman, SH. M.Si, Gunungkidul memiliki sejumlah destinasi wisata luar biasa apabila dikelola dengan baik akan mampu mengangkat potensi serta perekonomian masyarakat.

Air Terjun Sri Getuk, Kepanewonan Playen, Kab. Gunungkidul

Lebih lanjut menurut Doktor Hukum Tatanegara Universitas Padjardjaran itu mengatakan, obyek wisata pantai di bagian selatan Kabupaten Gunungkidul, membentang dari perbatasan kabupaten Bantul sampai dengan kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, bagian utara merupakan destinasi wisata pegunungan, dari Gunung Gambar sampai dengan Gunung Api Purba, sedangkan bagian tengah merupakan destinasi wisata Goa dan air terjun.

Goa Jomblang, Desa Pacarejo, Kepanewonan Semanu, Kab. Gunungkidul

Menurut Tokoh masyarakat Kelurahan Kedungpoh, Kepanewonan Nglipar dan Akademisi Universitas Pasundan Bandung,  mengatakan sebaran destinasi wisata hampir merata  di berbagai wilayah Gunungkidul.

“ Di sektor selatan destinasi wisata pantai, sektor tengah destinasi wisata Goa dan air terjun, sedangkan sektor utara berupa destinasi wisata pegunungan, sungai dan taman bunga”,  ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan Tugiman, ditengah sarasehan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarswis), tokoh pemuda dan masyarakat, di kawasan obyek wisata Gunung Api Purba, Nglenggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, beberapa waktu lalu.

Embung Batara Sriten, Desa Pilangrejo, Kapanewonan Nglipar, Kab. Gunungkidul

Perwira menengah TNI-AD berpangkat Kolonel Inf itu, juga mengatakan,Diperlukan penataan dan tata kelola yang tepat agar potensi yang ada mampu menumbuhkan kreativitas masyarakat untuk menopang dunia parwisata sehingga pada gilirannya mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Ditanya tentang kondisi saat ini, menurut Tugiman, Pengelolaan pariwisata di Gunungkidul dibawah kememimpinan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S. Sos dinilai sudah baik dalam meletakkan kerangka dasar pengembangan pariwisata di Gunungkidul.

Gunung Api Purba, Nglanggeran, Kepanewonan Pathuk, Ka. Gunungkidul

“ Dibawah kepemimpinan Ibu Hj. Badingah pengembangan pariwisata di Gunungkidul cukup baik,  beliau telah meletakan kerangka dasar pembangunan kepariwitanaan di Gunungkidul.  Yang diperlukan kedepan adalah  percepatan, penataan dan tata kelola yang lebih baik, agar potensi yang ada dapat terus  ditata, dan dibenah, sehingga Gunungkidul bisa menjadi pintu terdepan pariwisata di Yogyakarta”, ungkap Tugiman.

Cermin lestarinya kearifan lokal dan seni budaya di Gunungkidul
Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat