Gunung Kidul, DIY
tugimandr@gmail.com

Dr. Tugiman; Pola Hidup Sehat Cegah Wabah Covid-19

Maju BERSAMA, Sejahtera SEMUA

Dr. Tugiman; Pola Hidup Sehat Cegah Wabah Covid-19

Nglipar (Gunungkidulrumahkita.com).  – Pandemi  virus  Covid-19 akhir-akhir ini menjadikan masyarakat seluruh dunia khawatir. Hal ini disebabkan karena  setiap hari jumlah korban terpapar virus Covid-19 semakin meningkat dan menyesar ke sejumlah negara, termasuk Indonesia, sehingga muncul berbagai cara untuk melakukan antisipasi menghindari serangan virus yang mematikan itu.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat sosial politik Universitas Pasundan Bandung, Dr. Tugiman, menanggapi keresahan masyarakat di berbagai wilayah akibat pandemi Covid -19  di Indonesia yang  sampai saat ini telah menewaskan 19 orang.

Menurut Tugiman, berbagai anjuran dari kalangan medis mulai dari menggunakan masker, tidak berpergian jauh, mencuci tangan, dan menjaga pola makan, perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat guna mencegah penularan yang semakin meluas.

Warga masyarakat sebaiknya merespon dan mengikuti anjuran medis untuk menggunakan masker, menghindari kumpulan orang dalam jumlah besar, menahan diri untuk tidak bepergian ketempat berkerumun massa, mencuci tangan dan memperhatikan pola makan, agak stamina tubuh tetap terjaga”, ungkapnya.

Menurut Tokoh masyarakat asal desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, yang akrab dipangiil “ Anak Gaplek “ itu mengatakan, menurut pertimbangan medis, virus Covid-19  bisa dicegah dengan pola hidup sehat, mencuci tangan di air yang mengalir dengan sabun, mengurangi bersentuhan atau kontak fisik terhafap pihak pihak yang berpotemsi saat berinteraksi di tempat umum.

Disini pentingnya masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran untuk melakukan upaya pencegahan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, sehingga pandemi Covid-19 diharapkan segera berakhir”, ungkapnya

Tugiman berharap,  masyarakat bersikap bijak dan  cerdas, serta tidak mudah menyerap konten yang tidak jelas terkait wabah Covid-19, dan yang paling utama adalah menerapkan  pola hidup sehat, guna mencegah penularan Covid1-19 dan dengan tetap menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat, terlebih pemerintah saat ini telah berupaya keras untuk mengantisipasi persoalan tersebut, pungkas Tugiman.(Try)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Ayo bagikan supaya teman Anda tahu!

WhatsApp chat